Senin, 15 November 2010

Humas

Nama : Budi ismardi umasugi
Subject : Hubungan masyarakat
Npm : 062107009

Renald kosali secara umum membagi iklan menjadi dua bagian yaitu iklan Humas dan iklan Marketing. Berikut akan diberikan penjelasan dan contoh-contohnya :
a. Iklan humas
merupakan iklan yang secara langsung melibatkan kinerja para humas untuk mempengaruhi publik yang tujuannya adalah untuk membangun citra dalam perspektif masyarakat sekaligus menarik simpati masyarakat dalam habungan ekonomi. Berikut beberapa contoh yang dapat saya paparkan :
1. Extra-joss : dalam hemat saya iklan ini merupakan iklan humas karena dari management extra-joss sendiri secara langsung langsung menurunkan pakar yaitu seorang director research center sebagai narrator dalam iklan ini yang tujuannya adalah untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk exta-joss tidak berbahaya dan aman untuk di konsumsi.
2. Real good : merupakan iklan humas karena untuk menarik simpati dan menciptakan kesan baik dalam perspektif masarakat public relation secara langsung memakai anak-anak berbakat dan pemegang rekor muri maupun rekor dunia sebagai narrator dalam iklan ini untuk meyakinkan masyarakat terkait dengan kualitas dari produk ini.
3. Panasonic award : menurut saya juga merupakan iklan yang digagas oleh humas karena dalam menyemarakan malam anugerah Panasonic kepada para actor dan aktris terfavorit humas sengaja menarik simpati public yang notabenenya sebagai para vans untuk mendukung selebriti-selebriti maupun program-program acara favorit mereka melalui sms yang pada gilirannya nanti mereka yang beruntung akan mendapatkan hadiah melalui undian.
4. Clear men : juga merupakan iklan humas karena dalam tayangannya pihak humas secara langsung mengexpose proses pembuatan produk ini di institue central paris serta melibatkan seorang pakar kulit kepala pria didalamnya sebagai narrator, yang tujuannya untuk meyakinkan public bahwa produk ini memiliki kualitas yang paling baik diantara yang lainnya.
5. Dancow : adalah bagian dari klan humas karena humas ingin menjelaskan bahwa selama 100 berkiprah di dunia pruduksi produk dancow tidak mengalami kendala sedikitpun bahkan semakin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat sebagai produk susu yang berkualitas sekaligus untuk menghapus imech buruk dari ingatan masyarakat terkait dengan isu kasus yang pernah dialami oleh produk dancow pada tahun 90-an silam.
6. Detol : menurut saya adalah iklan humas karena untuk mendapatkan kepercayaan dan simpati dari masyarakat humas secara langsung memakai dokter ahli masalah kulit debagai narrator dalam mengexpose iklan ini.
7. Kartu AS : juga adalah iklan humas karena kartu as banyak megeluarkan promo-promo baru untuk memeprtahankan para pengguna kartu as dan merekrut para costumer lainnya serta membangun citra bahwa kartu as adalah produk yang dekat dengan masyarakat dalam berkomunikasi.
8. Anlene : menurut saya ini adalah iklan humas karena humas secara langsung memaparkan hasil riset sebuah lembaga kesehatan yang menyatakan bahwa 50% wanita Indonesia kekurangan kasium untuk tulang sehingga berpotensi terkena osteoporosis, karena sifatnya yang meyakinkan maka akan berdampak langsung pada pilihan masyarakat untuk menggunakan produk ini.
9. Iklan pajak : merupakan iklan humas karna melalui iklan ini humas secara langsung ingin menciptakan kesadaran pentignya membayar pajak pada diri setiap warga Negara demi kelancaran pembangunan.
10. Pepsodent : juga merupakan iklan humas karna sesui dengan riset IDI yang merekomendasikan pemakaian pasta gigi berfloride agar gigi tetep sehat dan bebas dari kuman, secara logia iklan ini tentunya lebih meyakinkan para consumer karna Pepsodent adalah pasta gigi berfloride yang direkomendasikan untuk digunakan dalam merawat gigi.



b. Iklan marketing
Dalam penjabarannya iklan marketing mungkin agak berbeda denga iklan humas karna iklan marketing kurang menitik beratkan pada sisi bagaimana membangun citra tapi hanya pada tujuan bagaimana cara agar sebuah produk mampu terjul habis, hanya memikirkan keuntungan sesaat dan cenderung mengabaikan persoalan kepuasan dari konsumen yang terpenting adalh produk itu bisa habis terjual. Mengingat karna tujuan dari iklan marketing hanya berada pada tataran bagaimana suatu produk bisa habis terjul maka dalam pemeparan contohpun kurang lebih tidak ada penjelasan yang baku terkait dengan iklan-iklannya, Berikut beberapa contoh iklan marketing yang dapat saya paparkan :
1. gery chocolatos
2. mie sedap
3. silver queen
4. kopi nescafe
5. bayclin
6. mizone
7. millo cereal
8. milkuat
9. biskuit oreo
10. sprite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar